1. Tujuan
Pembelajaran menulis cerita pendek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat sebuah cerita dengan cepat berdasarkan gagasan yang ada dalam pikiran mereka. Siswa diperintahkan untuk membayangkan sebuah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka. Hal ini juga dapat melatih imajinasi siswa ketika menyusun atau merangkai kata-kata yang akan ditulis menjadi sebuah cerita.
2. Menentukan Strategi
Menulis cerita pendek (tulisan)
3. Mengembangkan Strategi
Pengembangan strategi dilakukan pada awal dan akhir pertemuan. Pada awal pertemuan, siswa diperintahkan untuk melamunkan atau membayangkan sebuah peristiwa atau kejadian sehari-hari atau juga hal-hal lain yang mereka inginkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu menemukan ide atau gagasan secara cepat dan tepat. Kemudian siswa menuliskan sebuah cerita berdasarkan lamunannya tersebut dengan memperhatikan kepaduan dan kesesuaian kalimat yang dipilih. Setelah yakin cerita yang dibuatnya padu, maka siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
Penilaian dilakukan dengan dua cara yaitu penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan untuk mengetahui tingkat keseriusan, keaktifan, dan kelancaran siswa dalam membuat cerita pendek. Sedangkan pada hasil, yang dinilai yaitu ketepatan dalam penuangan ide atau gagasan, pemilihan dan penggunaan kosakata, struktur bahasa, serta penggunaan tanda baca dan ejaan. Selain penilaian tersebut, dilakukan juga penilaian oleh siswa terhadap hasil kerja siswa lain yakni pemberian komentar tentang hasil pekerjaan temannya setelah selesai dipresentasikan di depan kelas. Cara ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu memberi komentar dan juga saran atas hasil kerja siswa lainnya.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama
NO. | KEGIATAN | PENGORGANISASIAN | |
SISWA | WAKTU | ||
1 | Kegiatan Pendahuluan | Klasikal | 15 menit |
| a. guru menyapa siswa, memeriksa kehadiran, dan mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran. b. guru menyiapkan media dan sumber belajar. c. guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan hari itu | Klasikal Klasikal Klasikal | 5 menit 2 menit 8 menit |
2 | Kegiatan Inti | Klasikal | 60 menit |
| a. Tahap menemukan ide/gagasan 1. Guru membagikan contoh cerita pendek dan juga kertas folio kepada masing-masing siswa. 2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan memahami contoh cerita pendek yang telah dibagikan. 3. Guru memerintahkan pada siswa untuk melamunkan sebuah peristiwa atau kejadian sehari-hari yang mereka alami. 4. Setelah menemukan ide, siswa kemudian menulis cerita singkat berdasarkan lamunannya tersebut pada kertas yang telah disediakan. | Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal | 5 menit 15 menit 15 menit 15 menit |
3. | Kegiatan Penutup | Klasikal | 15 menit |
| a. guru dan siswa melakukan penyimpulan terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. b. guru dan siswa melakukan refleksi. c. guru menutup pembelajaran. | Klasikal Klasikal klasikal | 6 menit 7 menit 2 menit |
Pertemuan kedua
NO. | KEGIATAN | PENGORGANISASIAN | |
SISWA | WAKTU | ||
1 | Kegiatan Pendahuluan | Klasikal | 15 menit |
| d. guru menyapa siswa, memeriksa kehadiran, dan mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran. e. guru menyiapkan media dan sumber belajar. f. guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya. | Klasikal Klasikal Klasikal | 5 menit 2 menit 8 menit |
2 | Kegiatan Inti | Klasikal | 60 menit |
| a. Tahap mempresentasikan 1. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk meninjau kembali hasil kerjanya yang telah dibuat pada pertemuan pertama. 2. guru memerintahkan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. 3. guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk mengomentari tentang hasil pekerjaan temannya yang telah dibacakan di depan kelas. 4. guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa. 5. guru dan siswa mendiskusikan tentang hal-hal yang dirasakan sulit oleh siswa saat memulai menulis cerita pendek. | Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal | 5 menit 15 menit 10 menit 10 menit 10 menit |
3. | Kegiatan Penutup | Klasikal | 15 menit |
| d. guru memberikan penilaian e. guru merefleksikan hasil pembelajaran hari itu f. guru menutup pembelajaran. | Klasikal Klasikal klasikal | 6 menit 7 menit 2 menit |
Penilaian
Jenis tes : tertulis
Prosedur Penilaian
- Penilaian Proses : kinerja siswa selama kegiatan pembelajaran menulis cerita pendek.
- Penilaian Hasil : kualitas hasil cerpen yang dibuat oleh siswa
Alat Penilaian
- Panduan pengamatan
- Rubrik penilaian kualitas hasil cerpen yang dibuat oleh siswa.
- Evaluasi Pembelajaran
Ada dua jenis penilaian yang dilakukan
1. Penilaian proses
Penilaian ini dilakukan selama kegiatan pembelajaran menulis cerpen berlangsung di kelas. Tujuannya yaitu untuk mengetahui sikap siswa ketika proses menulis cerpen berlangsung. Yang dinilai ada 4 aspek yaitu tingkat keseriusan, keaktifan, dan kelancaran siswa dalam menemukan ide cerita serta mempresentasikan hasil cerpennya di depan kelas.
- Rubrik penilaian proses
No | Nama | Aspek Pengamatan | |||||||||||
Keseriusan | Keaktifan | Kelancaran | |||||||||||
SS | S | CS | KS | SA | A | CA | KA | SL | L | CL | KL | ||
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
- Rubrik penilaian (deskriptor) setiap aspek pengamatan di atas
Aspek Pengamatan | Kualifikasi | Indikator | Skor | |
1. | Keseriusan | Sangat Serius | Siswa sangat serius dalam melaksanakan | 4 |
| kegiatan pembelajaran menulis cerpen. | |||
| Serius | Siswa serius dalam melaksanakan kegiatan | 3 | |
| pembelajaran menulis cerpen. | |||
| Cukup Serius | Siswa cukup serius dalam melaksanakan | 2 | |
| kegiatan pembelajaran menulis cerpen. | |||
| Kurang Serius | Siswa kurang serius dalam melaksanakan | 1 | |
| kegiatan pembelajaran menulis cerpen. | |||
| Keaktifan | Sangat Aktif | Siswa sangat aktif ketika melaksanakan | 4 |
2 | kegiatan pembelajaran menulis cerpen. | |||
| | |||
| Aktif | Siswa aktif ketika melaksanakan kegiatan | 3 | |
| pembelajaran menulis cerpen | |||
| Cukup Aktif | Siswa cukup aktif ketika melaksanakan | 2 | |
| kegiatan pembelajaran menulis cerpen | |||
| Kurang Aktif | Siswa kurang aktif ketika melaksanakan | 1 | |
| kegiatan pembelajaran menulis cerpen | |||
| Kelancaran | Sangat Lancar | Siswa sangat lancar ketika menuangkan | 4 |
3 | idenya ke dalam bentuk cerita pendek. | |||
| Lancar | Siswa lancar ketika menuangkan idenya | 3 | |
| ke dalam bentuk cerita pendek. | |||
| Cukup Lancar | Siswa cukup lancar ketika menuangkan | 2 | |
| idenya ke dalam bentuk cerita pendek. | |||
| Kurang Lancar | Siswa kurang lancar ketika menuangkan | 1 | |
| idenya ke dalam bentuk cerita pendek. |
Rumusan Penilaian Proses
NP= ∑ perolehan X 100
∑ maksimal
2. Penilaian hasil
Dalam penilaian hasil, ada 4 aspek yang dinilai yaitu ketepatan dalam penuangan ide atau gagasan, pemilihan dan penggunaan kosakata, struktur bahasa, serta penggunaan tanda baca dan ejaan. Untuk menilai, digunakanlah rubrik penilaian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menguasai materi yang diajarkan.
- Rubrik penilaian hasil
No | Nama | Aspek Penilaian | ||||||||||||||||
Penuangan ide | Pemilihan & penggunaan kosa kata | Struktur bahasa | Penggunaan tanda baca & ejaan | |||||||||||||||
ST | T | CT | KT | ST | T | CT | KT | ST | T | CT | KT | ST | T | CT | KT | |||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
bakcgroundnya menutupi tulisan
BalasHapus