Selasa, 31 Januari 2012

Tahapan Penilaian Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek


1. Tujuan
            Pembelajaran menulis cerita pendek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat sebuah cerita dengan cepat berdasarkan gagasan yang ada dalam pikiran mereka. Siswa diperintahkan untuk membayangkan sebuah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka. Hal ini juga dapat melatih imajinasi siswa ketika menyusun atau merangkai kata-kata yang akan ditulis menjadi sebuah cerita.
2. Menentukan Strategi
            Menulis cerita pendek (tulisan)
3. Mengembangkan Strategi
            Pengembangan strategi dilakukan pada awal dan akhir pertemuan. Pada awal pertemuan, siswa diperintahkan untuk melamunkan atau membayangkan sebuah peristiwa atau kejadian sehari-hari atau juga hal-hal lain yang mereka inginkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu menemukan ide atau gagasan secara cepat dan tepat. Kemudian siswa menuliskan sebuah cerita berdasarkan lamunannya tersebut dengan memperhatikan kepaduan dan kesesuaian kalimat yang dipilih. Setelah yakin cerita yang dibuatnya padu, maka siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
            Penilaian dilakukan dengan dua cara yaitu penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan untuk mengetahui tingkat keseriusan, keaktifan, dan kelancaran siswa dalam membuat cerita pendek. Sedangkan pada hasil, yang dinilai yaitu ketepatan dalam penuangan ide atau gagasan, pemilihan dan penggunaan kosakata, struktur bahasa, serta penggunaan tanda baca dan ejaan. Selain penilaian tersebut, dilakukan juga penilaian oleh siswa terhadap hasil kerja siswa lain yakni pemberian komentar tentang hasil pekerjaan temannya setelah selesai dipresentasikan di depan kelas. Cara ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu memberi komentar dan juga saran atas hasil kerja siswa lainnya.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama
NO.
KEGIATAN
PENGORGANISASIAN
SISWA
WAKTU
1
Kegiatan Pendahuluan
Klasikal
15 menit

a.       guru menyapa siswa, memeriksa kehadiran, dan mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran.
b.      guru menyiapkan media dan sumber belajar.
c.       guru memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan hari itu

Klasikal

Klasikal

Klasikal


5 menit

2 menit

8 menit
2
Kegiatan Inti
Klasikal
60 menit

a. Tahap menemukan ide/gagasan
        1. Guru membagikan contoh cerita pendek dan juga kertas folio kepada masing-masing siswa.
       2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan memahami contoh cerita pendek yang telah dibagikan.
       3. Guru memerintahkan pada siswa untuk melamunkan sebuah peristiwa atau kejadian sehari-hari yang mereka alami.
       4. Setelah menemukan ide, siswa kemudian  menulis cerita singkat berdasarkan lamunannya tersebut pada kertas yang telah disediakan.
    

Klasikal



Klasikal


Klasikal


Klasikal

5 menit



15 menit


15 menit


15 menit




3.
Kegiatan Penutup
Klasikal
15 menit

a.       guru dan siswa melakukan penyimpulan terhadap pembelajaran yang telah berlangsung.
b.       guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       guru menutup pembelajaran.
Klasikal


Klasikal
klasikal
6  menit


7 menit
2 menit

 
 Pertemuan kedua
NO.
KEGIATAN
PENGORGANISASIAN
SISWA
WAKTU
1
Kegiatan Pendahuluan
Klasikal
15 menit

d.      guru menyapa siswa, memeriksa kehadiran, dan mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran.
e.       guru menyiapkan media dan sumber belajar.
f.       guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya.

Klasikal

Klasikal

Klasikal


5 menit

2 menit

8 menit
2
Kegiatan Inti
Klasikal
60 menit

a. Tahap mempresentasikan
     1. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk meninjau kembali hasil kerjanya yang telah dibuat pada pertemuan pertama.
     2. guru memerintahkan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
     3. guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk mengomentari tentang hasil pekerjaan temannya yang telah dibacakan di depan kelas.
    4. guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
    5. guru dan siswa mendiskusikan tentang hal-hal yang dirasakan sulit oleh siswa saat memulai menulis cerita pendek.
    


Klasikal


Klasikal


Klasikal


Klasikal


Klasikal


5 menit


15 menit


10 menit


10 menit


10 menit
3.
Kegiatan Penutup
Klasikal
15 menit

d.      guru memberikan penilaian
e.        guru merefleksikan hasil pembelajaran hari itu
f.       guru menutup pembelajaran.
Klasikal
Klasikal

klasikal
6  menit
7 menit

2 menit


Penilaian
Jenis tes : tertulis        
Prosedur Penilaian
-          Penilaian Proses : kinerja siswa selama kegiatan pembelajaran menulis cerita pendek.
-          Penilaian Hasil      : kualitas hasil cerpen yang dibuat oleh siswa

Alat Penilaian
-          Panduan pengamatan
-          Rubrik penilaian kualitas hasil cerpen yang dibuat oleh siswa.

- Evaluasi Pembelajaran
Ada dua jenis penilaian yang dilakukan
1. Penilaian proses
            Penilaian ini dilakukan selama kegiatan pembelajaran menulis cerpen berlangsung di kelas. Tujuannya yaitu untuk mengetahui sikap siswa ketika proses menulis cerpen berlangsung. Yang dinilai ada 4 aspek yaitu tingkat keseriusan, keaktifan, dan kelancaran siswa dalam menemukan ide cerita serta mempresentasikan hasil cerpennya di depan kelas.

-          Rubrik penilaian proses
No
 Nama
 Aspek Pengamatan
 Keseriusan
Keaktifan
Kelancaran
SS
S
CS
KS
SA
A
CA
KA
SL
L
CL
KL


















































































































-          Rubrik penilaian (deskriptor) setiap aspek pengamatan di atas
Aspek Pengamatan
Kualifikasi
Indikator
Skor
1.
Keseriusan
Sangat Serius
Siswa sangat serius dalam melaksanakan
4

kegiatan pembelajaran menulis cerpen.

Serius
Siswa serius dalam melaksanakan kegiatan
3

pembelajaran menulis cerpen.

Cukup Serius
Siswa cukup serius dalam melaksanakan
2

kegiatan pembelajaran menulis cerpen.

Kurang Serius
Siswa kurang serius dalam melaksanakan
1

kegiatan pembelajaran menulis cerpen.

Keaktifan
Sangat Aktif
Siswa sangat aktif ketika melaksanakan
4
2
kegiatan pembelajaran menulis cerpen.



Aktif
Siswa aktif ketika melaksanakan kegiatan
3

pembelajaran menulis cerpen

Cukup Aktif
Siswa cukup aktif ketika melaksanakan
2

kegiatan pembelajaran menulis cerpen

Kurang Aktif
Siswa kurang aktif ketika melaksanakan
1

kegiatan pembelajaran menulis cerpen

Kelancaran
Sangat Lancar
Siswa sangat lancar ketika menuangkan
4
3
idenya ke dalam bentuk cerita pendek.

Lancar
Siswa lancar ketika menuangkan idenya
3

ke dalam bentuk cerita pendek.

Cukup Lancar
Siswa cukup lancar ketika menuangkan
2

idenya ke dalam bentuk cerita pendek.

Kurang Lancar
Siswa kurang lancar ketika menuangkan
1

idenya ke dalam bentuk cerita pendek.

Rumusan Penilaian Proses
NP=   perolehan       X 100
                                  maksimal

2. Penilaian hasil
            Dalam penilaian hasil, ada 4 aspek yang dinilai yaitu ketepatan dalam penuangan ide atau gagasan, pemilihan dan penggunaan kosakata, struktur bahasa, serta penggunaan tanda baca dan ejaan. Untuk menilai, digunakanlah rubrik penilaian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menguasai materi yang diajarkan.
-          Rubrik penilaian hasil
No
Nama
Aspek Penilaian

Penuangan ide
Pemilihan & penggunaan kosa kata
Struktur bahasa
Penggunaan tanda baca & ejaan


ST
T
CT
KT
ST
T
CT
KT
ST
T
CT
KT
ST
T
CT
KT


















































































































































































































1 komentar: